Pap0P1zq8JJYElFeA1qX1oXVwFGs9jnGapuo3DAq
Bookmark

6 Tips Ampuh Belajar Membaca Aksara Thailand


Di postingan ini, gue bakal kasih kalian tips membaca aksara Thailand supaya kalian dari yang awalnya gak tau apa-apa bisa jadi mahir. Kalian pasti pernah mikir "Aduh bahasa Thailand konsonannya banyak banget dah apa bisa ya gue hafalin semuanya?" Tentu bisa dong! Buat kalian yang mau belajar aksorn tapi bingung harus mulai dari mana, kalian datang ke tempat yang tepat! Tentunya tips ini murni berdasarkan pengalaman pribadi gue ya, jadi mungkin bisa cocok di kalian ataupun sebaliknya. Tunggu apalagi? Yuk langsung klik read more!


Tentukan Motivasi

Sumber: Magnet.me at Unsplash
Sebelumnya gue mau nanya dulu nih sama kalian, apa sih alasan kalian tertarik buat belajar aksorn? Kalau gue sendiri biar gak ngong-ngong amat. Kalo kalian sering nonton serial Thailand pasti udah tau lah ya apa artinya ngong (งง). Permasalahan yang semua orang temukan saat pertama kali masuk fandom Thai tentunya soal abjadnya. 

Hal yang paling sederhana dulu aja nih, misal lo pengen nyari update-an tentang artis Thai favorit lo di Twitter. Pake hashtag kan ya? Nah, salah huruf dikit atau kurang tone mark aja deh nih, udah salah orang tuh. Apalagi kalo artis Thai favorit kalian update Tweet. Beuh, pasrah dah, nunggu translator dulu biar paham konteksnya.

Nah, di sini kalian mantepin dulu motivasi kalian belajar sebenernya tuh apa, sih? Gue pribadi dulu ya karena saat pandemi gue masuk di sebuah fandom kecil dan gak ada translator-nya. Bisa dibayangin dah tuh segimana terpuruknya gue. Apa yang mau ditunggu cuy gak ada translator-nya saking kecilnya ni fandom. Akhirnya itu lah yang jadi titik awal gue belajar. Motivasi ini penting banget ya guys!

Bangun Niat yang Kuat

Sumber: Green Chameleon at Unsplash

Oke motivasi kalian udah mantep nih. Nah, niatnya ada gak? Gue selalu percaya kata-kata bahwa "Di mana ada kemauan pasti ada jalan" karena gue sendiri udah buktiin dan itu bener adanya. Motivasi yang gue punya, ditambah niat yang gede membuat gue berhasil baca aksorn. 

Gue paham niat tuh emang kadang naik turun kek odong-odong. Terkadang lo semangat banget eh besoknya bisa aja lo kembali mengloyo. Tapi gak papa guys, itu normal banget kok karena gue juga mengalami hal tersebut! Nah, yang jadi kunci utamanya adalah setelah mengloyo, ya lanjut lagi guys. Intinya istirahat boleh, nyerah jangan.

Cicil Belajar lewat Youtube atau Online Course

Sumber: Wes Hicks at Unsplash
Gue sangat menyarankan kalian untuk belajar langsung lewat dua platform ini karena apa? Karena di gue pribadi lebih ampuh. Gue dari dulu sebelum dapet motivasi yang gue sebutin di atas emang udah pernah ada niat belajar aksorn. Tapi salahnya, gue cuman nge-print huruf-hurufnya doang yang satu lembar ada garis putus-putus buat nulisnya. 

Nah, ini gak work di gue soalnya gak ada ilmunya gitu karena ya gak ada yang ngajarin jadi otomatis jadi males gue ngenulis itu huruf-huruf keriting. Emang paling bener tuh kita cari ilmu lewat Youtube atau Online Course. Rekomendasi Youtube channel yang ngajarin aksorn dari gue itu bisa dari Jazmi Nara atau Thai Pedia karena di situ lengkap banget! 

Tapi sebenernya gue pribadi belajar lewat Thaipod101.com. Bagus banget guys serius gue gak boong, minusnya dia pake bahasa Inggris aja sih. Nah, sekali bikin akun kita bakal dapet gratis seminggu jadi maksimalin aja tuh. Hal yang gue suka dari course ini mereka nge-breakdown aksorn yang banyak banget itu jadi cuman 25 video dengan durasi pendek. Bener-bener ngebikin kita jadi gak pusing dan overwhelmed.

Gue waktu itu ya gak cukup sih jadi akhirnya bikin akun satu lagi hehe. Untuk kalian yang punya duit lebih gue saranin mending beli aja online course-nya di Udemy soalnya dapet sertifikat guys! Lifetime juga jadi bisa lo tonton kapan pun, di mana pun.

Take Notes, Review, Repeat!

Sumber: David Travis at Unsplash

Misal lo udah nonton video pembelajaran aksorn nih dari salah satu platform yang udah gue sebutin tadi. Nah jangan lupa dibarengi sama mencatat ya guys karena ini penting banget! Selain karena kalo kalian catat catatan itu bisa buat kalian review ulang, nyatat juga bisa bikin materinya makin nempel ke otak kalian. Gak perlu rapi-rapi kok, santai! 

Bahkan waktu gue belajar dulu malah sambil rebahan di kasur. Nontonnya lewat HP tapi sambil gue tulis tuh di buku gue. Tentunya acakadut catatannya tapi yang penting kalian ngerti sama tulisan kalian sendiri, ya. Nah pas udah ditulis acakadut, baru lah gue review dengan catet ulang versi rapinya. Emang butuh effort lebih sih, tapi worth it kok! Jangan lupa juga kalian latihan nulis tiap hurufnya biar tangan kalian terbiasa sama bentuk-bentuk aksorn yang asing ini. Kalo gue dulu simpel aja sih, pake HVS terus 3 baris isinya satu huruf doang gue tulis berulang-ulang. 

Praktek dengan Baca Lirik Lagu Thailand

Sumber: Fath at Unsplash

Tips membaca aksara Thailand yang ketiga adalah dengan langsung dipraktekkan. Dulu setelah belajar aksorn gue langsung praktekin ilmunya dengan coba ngebaca lirik lagu Thai. Pas bisa bacanya, beuh bangganya bukan main cuy. Unreal banget gitu rasanya, kek "Ini serius huruf-huruf yang sebelumnya asing banget bagi gue sekarang udah bisa gue baca?" Walaupun pas awal-awal ya gak langsung lancar karena ya semua ada prosesnya tapi tetep aja pasti lo bakal merasa bangga dengan one small step itu. Lo jadi makin tertantang untuk lebih semangat lagi biar tambah jago deh baca aksornnya. 

Gue inget banget lagu pertama yang gue baca tuh lagunya PAM ft. Hi-U - I don't like. Serasa kek amazed banget gitu padahal gue kaya baru kenal huruf-hurufnya doang masih kayak "Oh gue tau huruf ini!" "Oh gue bisa bacanya yang ini". Intinya perbanyak baca aksorn biar nantinya kalo mau sing along lagu Thailand bisa langsung baca lirik aksornnya dari Spotify guys, enak banget jadi praktis banget!

Catat Kata-Kata Baru

Sumber: Markus Winkler at Unsplash

Last but not least, karena belajar bahasa itu never ending process pasti setiap harinya kalian bakal menemukan vocab baru. Nah kata-kata tersebut bisa kalian catat ya! Kalo gue pribadi sih catat aja di HP pake Google Keep, soalnya enak gitu udah langsung terhubung ke gmail jadi bisa diakses lewat web juga. 

Gue saranin kalo kalian ketemu kata baru terus mau dicatat, kalian copas romanisasinya lewat web Thai2English aja soalnya dia udah sekalian nadanya juga jadi gak perlu bingung lagi cara bacanya gimana, praktis banget! 

Oke deh, itu aja tips membaca aksara Thailand yang bisa gue share ke kalian semua. Kalau menurut kalian postingan ini bermanfaat jangan lupa share ke semua temen kalian ya! Stay safe and keep on learning!

Posting Komentar

Posting Komentar